:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q: :r: :s: :t: :u: :v: :w: :x: :y: :z: :1: :2: :3: :4: :5: :6: :7: :8: :9: :10: :11: :12: :13: :14:

Welcome In my blog

"Kata-kata bisa mengobati atau melukai, memberikan harapan atau merampasnya"

Aez Quote

Not trial and error but trial and learn

Total Tayangan Halaman

Lokinfo

Translate

Tag Cloud

Entry Populer

Rabu, 11 Desember 2013

Jadi Guru



Saya adalah orang yang tak pernah bercita-cita menjadi guru. Bahkan sampai hari ini. Karena bagi saya dulu, kerja begitu-begitu dan begitu-begitu saja adalah membosankan. Ga menantang. Titik.
 
***

Sedikit cerita, dikampus saya itu ada satu program wajib yang disebut pesantrenisasi. Tapi saya lebih senang menyebutnya Rusunawa (Singkatan dari Rumah Susun Mahasiswa deh kayaknya. CMIW). Jadi selama (kalau sekarang) empat hari tiga malam anak-anak baru yang katanya masih lugu tralala itu pada nginep digedung yang disebut rusunawa tadi. Ngapain aja mereka? Nah, selama disana mereka diajar seputar keislaman dasar sesuai dengan tingkatan mereka. Tingkatannya sendiri ada dasar, menengah dan lanjut. Jadi ya belajar tentang fiqh, ngaji, hapalan de es be.

Jaman saya dulu mah beda, rusunawanya 10 hari tapi hanya dari jam 5 sore sampe 6 pagi aja. Jadi malamnya rusunawa paginya kuliah. Kalau dulu masih dicampur sesuai tingkatan. Jadi semua jurusan dijadiin satu. Saat itu barengan dengan anak arsitek, MIPA, hukum, komusikasi sama Ekonomi.  Kalau sekarang kan per fakultas ya. Mungkin biar koordinasinya lebih mudah karena mereka selama 4 hari gak pulang yang berarti gak kuliah juga.

Masih inget banget waktu itu, dikarenakan kami paginya tetap kuliah otomatis gak lepas dari tugas-tugas dong. Jadi gak heran kalau pas sore-sore kita balik ke rusunawa itu bawaannya segambreng. Yang paling heboh ya jelas anak-anak arsitek, bawa maket, tabung dll. Terus kan kegiatan rusunawa malam berakhir jam 22.00. Seharusnya digunain untuk istirahat karena besok paginya kita bakal dibangunin jam 3 an buat tahajud. Tapi tuntutan tugas merubah segalanya kawan-kawan *lebai*. Ketika halaqoh diakhiri maka disanalah kehebohan bermula. Dan seingat saya waktu itu kita lagi UTS apa ya. Jadilah kita bertebaran kemana-mana sesuai habitat dan koloni. Para MIPA sibuk dengan laporannya, anak-anak Arsitek dengan maketnya, ekonomi dan hukum juga ga jelas pada ngapain, dan anak-anak komunikasi sesuai dengan tabiat jurusannya, berissiik. Sedang kami-kami (saya dan teman-teman) ngerjain tugas apaa gitu dan malangnya buku yang dijadikan sumber cuma ada satu. Jadilah seluruh anak PAI numplek disatu kamar. Heboh. Sampe para musrifah (kakak-kakak yang mandu) nyuruh kami diem dan kembali kekamar masing-masing.

Kalau dilihat dari kegiatan diatas bisa diprediksi kan apa yang bakal terjadi dengan para mahasiswa yang lagi kedapatan jadwal rusunawa ini saat dikelas? Yap, bener. Tidur berjamaah. Apalagi dikelas saya yang notabenenya non ecsact. Wiss... dipastikan ditinggal tidur Dosennya.

Lah... malah kepanjangan. Oke skip and back to topik. Nah tadi diatas udah denger kata-kata Musyrifah kan ya. Musyrifah itu gampangny adalah kaka-kakak pemandu yang ngebantuin adek-adek buat belajar ngaji dan hafalan. Satu Musyrif/ah memandu satu halaqoh. Sedang satu halaqoh itu sendiri terdiri dari sekitar 10 orang. Biar lebih intensif gitu. Dan saya terdaftar menjadi salah satu dari mereka. Tau tuh, pas tes kok ya lulus. J

Nah Musyrif/ah itu juga mandunya terjadwal. Ketika ada Rusunawa kita bakal dapat calling dari koor-nya. Saya sendiri juga lupa sudah berapa kali kedapatan jadwal mandu. Bahkan saking banyaknya sampe lupa siapa aja yang pernah jadi adek panduan saya. Maklum orang sibuk, jadi gak sempet nginget-nginget begituan. hehe

Meskipun saya suka melupakan adek-adek panduan saya ini hebatnya mereka tidak. Alhasil sering banget dijalan ada yang hai-hai atau da da – da da dan reflek tak jawab hai atau da-da balik tapi setelahnya mikir ; “itu tadi siapa ya” #gubrakk

Kejadian ini kurang lebih seperti itu juga. Waktu itu saya lagi jajan di syar’i Mart (mini marketnya kampus saya). Nah setelah bayar dikasir dan puas ngecengin Mba-mbanya sayapun siap-siap keluar. Pas didepan pintu tiba-tiba aja “Mbaaak Viviiii”. Saya noleh. Ada adik cantik, putih, manis #hallah lari-lari kearah saya. Saya nyengir doang waktu itu. Sambil mastiin juga kalau yang dipanggil emang beneran saya. Langsung pas udh deket dia langsung heboh sendiri. Lupa gimana dialog pastinya, tapi kira-kira gini ;

Si adik cantik, putih, manis (A), Saya (V)
A         : “Mbaa Viviii tadi aku bisa test ngajinyaaa” (sambil mukanya sumringaah banget)
V         : “Oh ya” (masih tampang oon)
A         : “Iyaa Mbaak, ya Ampuun Mbaak. Aku seneng bangeet” (sambil megang tangan saya saking exitednya)
V         :” waah... selamat kalau gitu yaa” ^^ (baru ngeh, ini adek panduan saya tadi malam ternyata. Parah, udah  main lupa aja :D )
A         : “Iya, makasih bangettttt lo Mbaak. Aku cuma ngikutin yang Mbak bilang. Padahal aku takut banget Mbak pertamanya. Pas masuk aku disuruh ngaji. Ngajinya kayak yang mbak ajarin itu. yang awal suratnya alif lam mim itu, untung aja gak aku baca a-la-ma lagi. hehe. Terus pas hafalan surat-surat aku cuma disuruh baca yang paling panjang yang aku hafal. Gak dipilihin Mbak. Jadi aku baca Ad-dhuha yang diajarin sama Embaak. Maksih banget pokoknya Mbak. Makasih udah ngajarin aku ngaji. Doain lulus ya Mbak”. (Adeknya ngomong cepet banget, saking senengnya jadi gimanaa gitu. :D)
V         : “Iya, selamat ya...”
A         : “Iya Mbak. Pokoknya makasih udah ngajarin aku ngaji. Aihh... sini peluk dulu sama aku mbak. (tiba-tiba dia main peluk-peluk aja, saya yang spechless, ditambah tangan kanan bawa belanjaan dan yang kiri nenteng fotocopian bikin saya ga bisa bales pelukan dia. Jadi bisa dibayangin lah, ditambah didepan umum jadi pada diliatin gitu, hahah).
Ya udah ya Mbak, aku mau kuliah dulu. Dada Mbaakk.”
V         : “iya” *masih speechless*


***

Setelah itu entah kenapa dada saya rasanya dingiiinnn banget. Berasa gimanaaa gitu. Pokoknya aneh. Entah kenapa saya jadi seneng (serius) waktu denger dia jadi bisa ngaji. Waktu dia bilang makasih karena udah diajarin. Saya jadi merasa berguna gitu. Pokoknya seneng. #bingung.

Besoknya saya jadi semangat buat kuliah. Oh iya FYI saya kuliahnya di jurusan yang punya embel-embel PENDIDIKAN. Ah pahamlah maksud saya. Meskipun saya belum bilang kalau saya udah pingin jadi guru tapi yang pasti sekarang saya jadi seneng buat belajar dan menularkan apa yang saya bisa ke orang lain.

Dulu saya paling ga suka dan ga berani kalau disuruh ngisi halaqoh atau yang sejenisnya. Sekarang dikit-dikit udah mulai mencoba, bahkan meski masih takut-takut saya nekat bilang ke Mas Ali (Bos saya di divisi sebuah organisasi yang saya ikuti) kalau biar saya yang megang adik-adik 2013. Juga bilang ke Mas Izar (Partner kerja didivisi yang sama) buat gak usah nyari pendamping buat mereka. “Pokoknya saya dulu aja yang megang. Saya bakal belajar kok. InsyaAllah, boleh ya”. Dengan muka yang masih rada speechless mereka jawab “Coba dari dulu kayak gini, Mbak...mbak...” Walaahhhh.... ternyata. (gantian saya yang spechless). Terimakasih buat kalian yang udah selalu mendukung dan percaya.

Setelah kejadian itu saya mikir. Saya itu punya Allah yang tidak pernah salah dengan ketetapannya. Dia punya sejuta cara untuk memberikan yang terbaik untuk hambanya. Ketika dulu saya tak ingin menjadi seorang guru dan mati-matian belajar untuk jurusan yang saya senangi waktu itu, Allah malah melempar saya kesini. Disatu jurusan dan Universitas yang bahkan secuilpun tak pernah terbesit difikiran saya.

Ketika saya masih bimbang dan benar-benar bimbang, Allah mempertemukan saya dengan Ulil Albab yang luar biasa ini. Ketika saya benar-benar hampir jatuh, Allah kirimkan sebuah pesan bahwa saya diizinkan untuk menjadi anggota keluarga di masjid ini. TMUA. Dipertemukan dengan orang-orang hebat disini. Hingga kaki ini masih kuat melangkah menekan ego untuk terus belajar ditempat ini.

Ketika saya sedikit terjatuh, Allah pertemukan saya dengan teman-teman dari Indonesia Mengajar. Belajar dari mereka yang penuh inspirasi itu. Membuat api semangat saya yang sempat hampir padam, berkobar kembali.

Lalu saya dipertemukan dengan adik cantik, manis, putih tadi. Yang bahkan sekarang saya sudah tidak ingat lagi dia yang mana. Allah mengirimkan sejuta rasa yang kembali membuat saya berfikir. Dan saya selalu percaya Allah tak pernah salah dengan semua ketetapan dan caraNya. Itu PASTI yang terbaik untuk saya.

Allah itu gak pernah berhenti ngasih banyak hadiah, ngasih banyak kejutan buat kehidupan saya.
Hidup saya jadi semakin berwarna, hidup saya jadi semakin indah, hidup saya semakin penuh sama surprise surprise yang Allah kasih, yang bisa bikin saya nangis-nangis saking senengnya.


Hidup itu indah, klo kita selalu bersyukur...
Hidup itu akan semakin di penuhi keberkahan dengan surprise dan hadiah-hadiah yang gak kita sangka dari Allah, karena kita selalu berprasangka baik sama Allah.
Hidup itu berwarna, karena saya selalu punya Allah yg selalu mewarnai hidup saya dengan begitu kerennya :)
Terima Kasih Allah karena selalu berada di sisi saya. :)


Tetap berikan yang terbaik dan jangan bosan untuk terus mengingatkan dan menyemangati dengan caraMu ya.

-Dari hamba-Mu yang sangat-sangat-sangat percaya kepada-Mu
--Vivi


Penutup:
“Boleh jadi apa yang kamu senangi adalah buruk bagimu, sedang yang tidak kamu inginkan mengandung banyak kebaikan didalamnya. Allah tau yang kamu tidak tau. Dan Allah tak pernah salah. Catat itu Vi!!!”
separador

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Salam ^__^

Foto saya
Jogjakarta Hadiningrat, Indonesia
Terkadang tulisan seperti diam, adalah pilihan terbaik disaat hati dan lidah lelah untuk berkata.. Welcome In My Abstract Mind... ^^

Categories

Followers